Minggu, 16 September 2012

Pembagian Departemen BEM dan Fungsi Departemen




DEPARTEMEN KONSOLIDASI DAN MANAJEMEN ORGANISASI

Sasaran Pelaksanaan Program Kerja :
a.       Departemen ini diarahkan kepada terciptanya infrastruktur dan suprastruktur organisasi serta mekanisme kepemimpinan yang dapat mendukung gerakan BEM STMIK Potensi Utama sebagai gerakan alternatif yang turut menentukan arah transformasi BEM STMIK Potensi Utama menuju terciptanya organisasi yang memiliki kelengkapan fungsi dan peran sebagai organisasi, serta sebagai kekuatan gerak organisasi untuk mencapai tujuan utama organisasi.
b.      Departemen ini diarahkan pada terciptanya anggota yang memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya mengimplementasikan dan merealisasikan visi dan misi BEM STMIK Potensi Utama.
c.       Departemen ini diarahkan pada pengembangan budaya kritisme organisasi, untuk melakukan perubahan-perubahan yang konstruktif dan berkemanfaatan, dimana dalam pelaksanaannya tetap memegang teguh dan mempertimbangkan aspek-aspek hukum, kemanusiaan, norma-norma, dan nilai-nilai spiritualitas.


 

Arah dan Kebijakan Program Kerja :
a.         Memantapkan dan meningkatkan pemahaman tentang visi dan misi BEM STMIK Potensi Utama kepada setiap anggota dalam rangka mencapai kesatuan gerak organisasi yang tertata, terarah dan berkesinambungan.
b.        Memantapkan pengembangan mekanisme kerja pimpinan dan organisasi, kesatupaduan gerak dan komunikasi organisasi yang baik.
c.         Melakukan penataan dan pemantapan kualitas gerakan organisasi dengan mengusahakan pengembangan program-program departemen dengan cara memupuk sikap kepekaan sosial, etos intelektual yang tinggi, serta penanaman nilai-nilai moral.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen :
a.       Pengembangan kualitas organisasi
b.      Pengembangan Departemen-Departemen
c.       Komunikasi Kepemimpinan
d.      Konsolidasi Organisasi, yang meliputi upaya penggalangan potensi dan kekuatan, serta koordinasi aktifitas organisasi sehingga tercipta organisasi yang tertata, tertib, teratur dan terarah.
e.       Pemantapan mekanisme dimana pada konsolidasi organisasi  yang lebih optimal, efisien dan efektif yang mendukung seluruh aktivitas organisasi.
f.       Penyempurnaan serta pelaksanaan tertib administrasi, yaitu dengan melakukan inovasi-inovasi teknis sehingga berfungsi secara efektif, efisien sehingga mampu mendukung seluruh gerak organisasi.
g.      Pelayanan dan pemenuhan kebutuhan administrasi organisasi.
h.      Penelitian dan pengembangan organisasi, untuk mengadakan kajian dan penelitian dalam rangka menyusun konsep strategi pengembangan organisasi.
i.        Optimilisasi keberadaan organisasi, merupakan upaya pembentukan, pembinaan dan pengembangan aktifitas organisasi yang diarahkan pada operasionalisasi peran organisasi di lingkungan intrernal dan eksternal Kampus STMIK Potensi Utama.
j.        Komunikasi organisasi, merupakan upaya penciptaan jaringan komunikasi dan informasi untuk memperkuat konsolidasi internal.
k.      Eksternalisasi gerakan dan penguatan jaringan, merupakan upaya untuk membangun bergainning organisasi dalam konstelasi lokal, maupun nasional dan membangun serta memperkuat jaringan organisasi dalam rangka mengembangkan sayap gerakan.
l.        Pembenahan rekruitmen anggota BEM.
m.    Pembinaan dan pengembangan sumber daya mahasiswa/i melalui pelatihan strategis.
n.      Menyampaikan aspirasi dan segala yang sifatnya komunikatif dari mahasiswa kepada pimpinan BEM STMIK Potensi Utama.

Rincian Pengembangan Kinerja Departemen


a.   Program Konsolidasi Departemen
1.      Memasyarakatkan visi dan misi BEM di kalangan anggota melalui berbagai kegiatan.
2.      Meningkatkan kemandirian dan kreatifitas kepemimpinan dalam pengelolaan organisasi guna pelaksanaan program dan pengembangan organisasi melalui usaha pembenahan, perbaikan dan penyempurnaan yang dapat dirasakan manfaatnya.
3.      Penataan struktur organisasi dengan seluruh departemen biro dan unit-unitnya agara berfungsi secara efektif dan efisien sehingga mampu mendukung seluruh gerak organisasi.
4.      Pengadaan dan penataan fungsi kantor dengan fasilitas yang memadai guna memperlancar jalannya organisasi.
5.      Meningkatkan dan menggerakkan fungsi dan potensi organisasi sebagai basis dan ujung tombak gerakan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama di bawah koordinasi pimpinan BEM STMIK Potensi Utama, pihak rektorat dan pihak Yayasan STMIK Potensi Utama.
6.      Mengembangkan dan meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar departemen dalam tubuh BEM sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan aktifitas sehingga dapat mengakses informasi secara cepat.
7.      Mendinamisasikan kepemimpinan dan aktifitas departemen sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan kualitas kegiatan.
8.      Memantapkan mekanisme kerja pimpinan departemen sehingga dapat melaksanakan tugas secara proporsional.
9.      Meningkatkan fungsi departemen dalam mengkoordinir dan mengkomunikasikan program kerja departemen.
10.  Meningkatkan tertib organisasi dan menyusun kaedah-kaedah, peraturan-peraturan organisasi pelaksanaan kegiatan BEM.
11.  Meningkatkan dan memantapkan posisi, peran dan fungsi pimpinan departemen sebagai pusat pengembangan organisasi.

b.   Program Konsolidasi Personal
1.      Meningkatkan kualitas pimpinan departemen dalam pemahaman visi dan misi organisasi wawasan pikiran, keteladanan, komitmen dan kemampuan profesional melalui refreshing, upgreding, job training, diskusi, dialog, pengkajian dan kegiatan lain yang sejenis.
2.      Menumbuhkan etos berorganisasi sehingga melahirkan komitmen dan dinamika yang tinggi dalam menggerakkan organisasi.
3.      Meningkatkan silaturrahmi antar pimpinan departemen dan anggota sehingga dapat memperkokoh ukhuwah dalam mengemban misi organisasi.
4.      Meningkatkan pembinaan dan pengembangan kualitas anggota sehingga mampu menjadi penggerak organisasi sesuai tujuan dan misi organisasi.
5.      Meningkatkan pembinaan anggota secara langsung melalui program yang diarahkan pada peningkatan kualitas anggota dalam berbagai aspek.

c.    Program Hubungan dan Kerjasama Organisasi
1.      Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan BEM Perguruan Tinggi lain dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan misi organisasi dalam rangka tujuan organisasi.
2.      Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Pemerintah, organisasi kepemudaan, lembaga sosial kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat dengan mengembangkan inisiatif dan peran aktif BEM STMIK Potensi Utama. Khsususnya dalam bidang pengembangan mahasiswa sesuai dengan prinsip dan tujuan organisasi.

d.   Program Kepemimpinan Organisasi
1.      Mengoptimalkan pelaksanaan mekanisme kepemimpinan sesuai dengan pedoman kerja pimpinan dalam kerangka mendukung pengembangan program.
2.      Membangun fungsi pertemuan-pertemuan/rapat pimpinan guna penyamaan persepsi dan koordinasi kerja antar pimpinan.
3.      Meningkatkan selektifitas dalam memilih anggota guna mendukung terciptanya iklim profesional dalam pengelolaan organisasi dan untuk menjaga kewibawaan.
4.      Meningkatkan kemampuan keorganisasian dan wawasan keilmuan dalam bidang organisasi para anggota melalui kegiatan-kegiatan tertentu.
5.      Mengintesifkan pertemuan antar pimpinan departemen lewat pertemuan informal departemen.
6.      Mengefektifkan dan mengoptimalkan komunikasi antar pimpinan departemen dalam media tulisan guna menunjang kelancaran transformasi dan ide antar pimpinan.
7.      Mengefektifkan rapat kerja pimpinan sebagai wadah penyatuan visi perjuangan dan penentuan kebijakan antisipatif dan strategis organisasi.
8.      Meningkatkan transformasi keanggotaan melalui penciptaan iklim yang kondusif.
9.      Melakukan pendataan anggota guna memudahkan pemetaan kondisi dan pemenuhan administrasi keanggotaan/keorganisasian.
10.  Mengintensifkan sistem informasi organisasi lewat penyajian data-data organisasi yang telah dihimpun dan diolah sehingga mempermudah pengambilan keputusan organisasi berdasarkan sumber daya yang tersedia.
11.  Mensosialisasikan pedoman pengelolaan BEM-STMIK Potensi Utama untuk memantapkan kedudukan organisasi.
12.  Mengembangkan gerak BEM-STMIK Potensi Utama dalam rangka pemasyarakatan BEM-STMIK Potensi Utama.
13.  Menerbitkan media komunikasi, baik bagi anggota maupun pimpinan BEM melalui berita resmi, majalah, buletin, dan sebagainya.
14.  Komunikasi aktif dan kerjasama dengan departemen-departemen lain di dalam BEM dalam rangka lebih meningkatkan misi dan peran BEM.
15.  Membangun dan memantapkan komunikasi dan kerjasama dengan organisasi, lembaga atau institusi lain untuk membentuk dan memperkuat jaringan.
16.  Mengoptimalkan eksistensi BEM STMIK Potensi Utama melalui forum-forum komunikasi dan media informasi baik medis informasi baik media cetak maupun elektronik.

e.   Program Manajemen dan Administrasi
1.      Memantapkan serta sosialisasi struktur organisasi dengan segenap elemen internal maupun eksternal kampus STMIK Potensi Utama.
2.      Menyempurnakan dan mensosialisasikan arah strategi program departemen BEM STMIK Potensi Utama.
3.      Mengoptimalkan koordinasi antar departemen yang ada dalam tubuh BEM melalui rapat kerja, job training dan sebagainya untuk memadukan wawasan pemikiran maupun pelaksanaan program.
4.      Pengadaan serta sosialisasi pedoman administrasi BEM STMIK Potensi Utama keseluruh departemen didalam BEM.
5.      Menyempurnakan dan mensosialisasikan arah strategi program departemen-departemen BEM.
6.      Menyelenggarakan penataran \ pelatihan administrasi BEM oleh setiap jenjang kesatuan pimpinan pada awal periode kepemimpinan dengan orientasi pada pemahaman pimpinan terhadap administrasi BEM.
7.      Pemantapan pelaksanaan tesis organisasi bagi anggota dan pimpinan departemen dengan menertibkan serta memasyarakatkan kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) BEM. Pelaksanaan rapat-rapat, pelaksanaan tugas-tugas amanat organisasi, pelaksanaan keputusan organisasi dan lain-lain berdasarkan AD/ART serta aturan-aturan organisasi yang berlaku.
8.      Menertibkan pendataan dan pengarsipan surat-surat organisasi serta konsep yang telah dihasilkan, serta penertiban dan pemeliharaan inventaris harta benda serta dokumnentasi organisasi.
9.      Memasyarakatkan pemakaian atribut BEM setiap acara resmi BEM. 

 

 



DEPARTEMEN RISET DAN PENGKAJIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Sasaran Pelaksanaan Program Kerja

a.       Departemen ini diarahkan pada terciptanya tradisi ilmiah yang objektif dengan penguasaan teknologi informasi dengan mempertimbangkan aspek-aspek hukum,  kemanusiaan, norma-norma dan nilai-nilai spritualitas.
b.      Departemen ini juga diarahkan pada pengembangan wawasan mahasiswa STMIK Potensi Utama yang berorientasi pada pembentukan wacana ke depan dalam konteks persaingan global.
c.       Departemen ini juga diarahkan pada terciptanya organisasi yang mampu untuk mengkaji dan membangkitkan serta memasyarakatkan hasil kajian sebagai bahan penelitian untuk pengembangan sumber daya mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam hal pengembangan kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi informasi.

Arah Kebijakan Program Kerja

Mengintensifkan pengkajian, penelitian dan pengembangan dalam segala bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen

Aktivitas program departemen riset dan pengkajian teknologi informasi pada dasarnya meliputi tiga aspek pengembangan yaitu :
1.      Pengembangan motivasi dan sikap prestatif, ini merupakan aspek mendasar yang menghasilkan kekuatan pendorong untuk mencapai perubahan dan peningkatan prestasi di berbagai bidang keilmuan maupun keterampilan yang berkaitan dengan teknologi informasi.
2.      Pengembangan intelektualitas, adalah upaya pemberdayaan cara berpikir kreatif dan ilmiah serta pengembangan wawasan keilmuan yang merupakan prasyarat bagi terbentuknya insan intelektual yang berwawasan ke depan.
3.      Pengembangan prestasi studi, keberhasilan studi merupakan tuntutan pragmatis yang secara realitis yang menjadi kebutuhan setiap mahasiswa, untuk itu upaya peningkatan prestasi studi dilakukan melalui penguasaan kemampuan berbagai bentuk kemampuan pendukung prestasi studi seperti penguasaan metode belajar yang efektif serta pengembangan iklim belajar yang kondusif dan kompetitif.

Rincian Pengembangan Fungsi dan Kinerja Departemen

1.      Membentuk, membina dan mengkoordinir unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang consen terhadap pengkajian, penelitian dan penguasaan teknologi informasi dan diharapkan mampu menghasilkan karya inovatif dan kreatif dibidang teknologi informasi.
2.      Mengadakan pelatihan metodologi penelitian ilmiah tingkat dasar dan lanjut serta pelatihan-pelatihan lain yang mendukung kemampuan berkarya ilmiah di kalangan mahasiswa STMIK Potensi Utama. Pelatihan metodologi penelitian dapat dilakukan oleh tenaga pengajar STMIK Potensi Utama ataupun lembaga khusus yang ditunjuk oleh departemen riset dan pengkajian teknologi informasi. Dimana kegiatan ini lebih diarahkan pada upaya pengembangan jaringan kerjasama dengan suatu lembaga penelitian maupun instansi yang bergerak dibidang penelitian teknologi informasi.
3.      Mengadakan pelatihan khusus (seminar motivasi) untuk meningkatkan motivasi mahasiswa STMIK Potensi Utama sehingga terpacu untuk meningkatkan prestasi setinggi-tingginya ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat, misalnya dengan quantum learning.
4.      Mengembangkan kajian pustaka teknologi informasi, pelaksanaannya dapat dilakukan lewat diskusi-diskusi dalam kelompok kecil dalam tubuh departemen riset dan teknologi informasi dalam tubuh BEM.
5.      Menumbuhkan iklim kompetitif dikalangan mahasiswa STMIK Potensi Utama untuk berani ikut serta dalam event-event pertandingan atau perlombaan dibidang teknologi informasi dimana dengan keikutsertaan mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengharumkan dan melambungkan nama STMIK Potensi Utama ditingkat daerah maupun nasional.
6.      Mengadakan lomba-lomba serta kegaiatan-kegiatan kompetisi lainnya dalam rangka menggairahkan motivasi berkarya dan berprestasi dibidang keilmiahan dan studi, pelaksanaan program ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut bisa dijadikan event rutin  untuk menumbuhkan iklim kompetitif dikalangan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama dalam pengembangan prestasi studi dan pengembangan ide-ide kreatif. Bentuk kegiatan ini juga dapat dijadikan event pemilihan mahasiswa berprestasi untuk mewakili STMIK Potensi Utama dalam perlombaan-perlombaan dibidang teknologi informasi baik itu ditingkat daerah maupun nasional.
7.      Mengadakan forum kajian khusus dibidang teknologi informasi, dalam bentuk tertentu, seperti : seminar, diskusi, pelatihan, symposium, lokakarya, dan bedah buku. Dan mendokumentasikannya dalam bentuk laporan, rekomendasi maupun buku.
8.      Mengadakan penelitian-penelitian strategis dan praktis yang berkaitan dengan teknologi informasi, dimana penelitian ini dapat dilakukan secara mandiri (dibantu oleh tenaga pengajar khusus dilingkungan STMIK Potensi Utama ) maupun bekerjasama dengan organisasi atau instansi di luar STMIK Potensi Utama yang bergerak dibidang penelitian teknologi informasi.
9.      Mempublikasikan hal-hal yang dianggap perlu dan penting yang berhubungan dengan teknologi informasi, hasil-hasil kajian dan penelitian sebagai bahan informasi di kalangan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama.
10.  Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang dapat mendukung peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa/i STMIK Potensi Utama, dimana pengembangan jaringan kerjasama tersebut dilakukan dengan memanfaatkan segala peluang yang ada.
11.  Mengadakan kegiatan-kegiatan khusus yang berkaitan dengan teknologi informasi untuk mempublikasikan dan memperkenalkan STMIK Potensi Utama kepada masyarakat umum, kegiatan-kegiatan ini khususnya dapat dijadikan sebagai suatu event promosi STMIK Potensi Utama kepada siswa/i SMU/SMK di kota Medan.







DEPARTEMEN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN KREATIVITAS MAHASISWA



Sasaran Pelaksanaan Program Kerja
“Diarahkan pada pengembangan dan pemberdayaan bakat, minat dan apresiasi serta mendinamisasikan kreativitas mahasiswa/i STMIK Potensi Utama disegala bidang di luar kerohanian/agama dan riset pengkajian teknologi informasi.”

Arah Kebijakan Program Kerja

a.       Mengintensifkan pengembangan bakat, minat dan apresiasi serta mendinamisasikan kreativitas mahasiswa/i STMIK Potensi Utama disegala bidang di luar kerohanian dan riset serta pengkajian teknologi informasi.
b.      Memantapkan pengembangan, pembentukan dan penataan unit-unit kegiatan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama yang ditangani secara langsung oleh departemen ini.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen

a.       Kegiatan yang bersifat pengkajian dan pengembangan konsep dan aturan-aturan terhadap pembentukan suatu unit kegiatan mahasiswa.
b.      Kegiatan yang diarahkan pada penyaluran dan pembinaan minat, bakat dan kreativitas mahasiswa/i STMIK Potensi Utama.

Rincian Pengembangan Kinerja Departemen

a.       Menyempurnakan dan mensosialisasikan konsep pengembangan, pemberdayaan, pembentukan, dan penataan serta pembinaan unit-unit kegiatan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama sebagai wadah penampung dan penyalur bakat, minat, apresiasi dan kreativitas disegala bidang di luar kerohanian, riset dan pengkajian teknologi informasi.
b.      Mengkaji dan membuat standar-standar acuan dalam hal pembentukan dan pembinaan kelompok minat dan bakat sebelum dijadikan sebagai unit kegiatan mahasiswa.
c.       Meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan bakat, minat, apresiasi dan kreativitas mahasiswa/i STMIK Potensi Utama di luar kerohanian, riset dan pengkajian teknologi informasi melalui kegiatan-kegiatan tertentu yang positif, konstruktif dan memiliki kontributif dalam mengharumkan nama baik STMIK Potensi Utama.
d.      Meningkatkan prestasi mahasiswa/I STMIK Potensi Utama dalam segala hal di luar bidang yang tersebut di atas melalui kegiatan-kegiatan tertentu yang bernilai positif yang dapat memacu semangat berkompetensi secara sehat.
e.       Bekerja sama dengan instansi, lembaga atau organisasi tertentu untuk melakukan pembinaan dan pengembangan aktivitas unit-unit kegiatan mahasiswa sebagaimana yang tersebut di atas.



DEPARTEMEN KOMUNIKASI INFORMASI DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN

Sasaran Pelaksanaan Program Kerja
a.       Diarahkan pada tercapainya kualitas peran BEM STMIK Potensi Utama sebagai sumber informasi baik secara internal maupun eksternal.
b.      Diarahkan pada terciptanya kualitas peran organisasi yang bergerak dibidang kemasyarakatan sehingga berpengaruh dalam meningkatkan kehidupan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan lahiriah maupun batiniah sesuai sasaran gerak BEM STMIK Potensi Utama.

Arah Kebijakan Program Kerja
a.       Meningkatkan pendidikan dan latihan komunikasi, dokumentasi dan informasi yang diarahkan pada tercapainya kualitas peran BEM STMIK Potensi Utama sebagai sumber informasi baik secara internal maupun eksternal.
b.      Meningkatkan kepedulian terhadap usaha sosial kemasyarakatan yang didasarkan atas prinsip-prinsip kemanusiaan, dan amal sosial.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen
a.       Pengembangan peran dan fungsi BEM STMIK Potensi Utama sebagai sumber informasi dan wadah berkomunikasi baik itu secara internal maupun eksternal STMIK STMIK Potensi Utama.
b.      Pengembangan dan optimalisasi peran dan fungsi BEM STMIK Potensi Utama terhadap segala usaha sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan.

Rincian Pengembangan Kinerja Departemen
a.       Mengupayakan, meningkatkan, dan mengembangkan berbagai program pelatihan komunikasi, dokumentasi dan informasi yang diarahkan pada tercapainya kualitas BEM STMIK Potensi Utama sebagai sumber informasi baik secara internal maupun eksternal, lokal-nasional.
b.      Meningkatkan kepekaan dan kesadaran serta kepedulian BEM terhadap harapan dan aspirasi mahasiswa STMIK Potensi Utama.
c.       Menggalakkan dokumentasi dan meningkatkan penyebaran informasi mengenai berbagai masalah yang menyangkut keorganisasian, kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan dari berbagai sumber dan media untuk kepentingan internal maupun eksternal.
d.      Meningkatkan program pengembangan dan layanan informasi.
e.       Meningkatkan dan mengembangkan berbagai publikasi melalui penerbitan dan penyebaran informasi dari kegiatan BEM STMIK Potensi Utama baik melalui media internal maupun eksternal.
f.       Mengupayakan serta mengembangkan sistem informasi dan komunikasi BEM STMIK Potensi Utama sebagai pusat data yang lengkap, akurat dan mudah diakses bagi kepentingan pelaksanaan dan pengelolaan informasi khususnya dan bagi kepentingan masyarakat Kampus STMIK Potensi Utama pada umumnya.



DEPARTEMEN KEROHANIAN ISLAM

Sasaran Pelaksanaan Program Kerja
a.         Diarahkan pada terciptanya usaha-usaha pembinaan mahasiswa STMIK Potensi Utama yang beragama Islam dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam.
b.        Diarahkan pada peningkatan peran dalam program-program alternatif yang diorientasikan kepada bentuk pemahaman keagamaan yang lebih tercerahkan dan transformatif dan bernuansa ilmiah.
c.         Diarahkan pada terciptanya peran organisasi didalam kebijakan untuk membuat iklim masyarakat Kampus STMIK Potensi Utama yang dekat kepada nilai-nilai spritualitas dan norma-norma agama, dimana secara substansi hal-hal ini diharapkan mampu membuat masyarakat Kampus STMIK Potensi Utama dekat kepada ajaran agama dan gemar kepada kebajikan serta menjauhi dan membenci hal-hal yang dilarang oleh agama.
d.        Diarahkan pada terbentuknya masyarakat Kampus STMIK Potensi Utama yang berakhlak mulia dan berilmu yang mampu mengamalkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran agama dalam segala aktivitas kehidupannya.

Arah Kebijakan Program Kerja
“Mengintensifkan usaha-usaha pembinaan, pembentukan dan penataan unit-unit kegiatan mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam bidang kerohanian/agama Islam.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen
a.         Pembinaan mental spritualitas mahasiswa STMIK Potensi Utama dimaksudkan untuk memperkuat basic mental sprituil mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam membangun prilaku dan sikap keagamaan.
b.        Peningkatan pemahaman dan wawasan keagamaan, merupakan upaya sistematis dan sistemik dengan melakukan kajian-kajian intensif persoalan keagamaan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan keagamaan dalam rangka menambah bobot kualitas sebagai ummat beragama.

Rincian Pengembangan Kinerja Departemen
a.         Memelihara dan meningkatkan akhlak anggota departemen agar senantiasa menjadi teladan dikalangan mahasiswa STMIK Potensi Utama.
b.        Mengintensifkan kegiatan dalam menanggulangi berbagai bentuk penyimpangan ajaran agama.
c.         Membina dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamatan ajaran agama melalui forum kajian agama Islam.


1 komentar: